BANYAK cara untuk melatih otak si kecil. Good parents, berikan yang terbaik untuk si anak agar ia tumbuh kembang lebih baik. Beberapa orangtua lebih mengajak anaknya untuk membaca guna mengasah otak anak dan menjadi pandai.
Berikut cara untuk meningkatkan otak anak, seperti dilansir dari TimesofIndia.

Bermain dengan tangannya
Bayi akan merespon dengan baik untuk belajar permainan sekuensial sederhana. Mainkan jari-jari Anda seperti bermain cilukba.

Ajak si kecil membaca
Pilih buku dengan gambar besar dan berwarna warni agar menarik pengelihatan si kecil. Anda dapat menirukan suara tokoh yang ada di dalam buku agar si anak lebih tertarik dan berkomentar tentang isi buku.

Pilih mainan yang sesuai
Pilih mainan yang dapat membuat si kecil mengeksplor dan berinteraksi. Seperti mainan dengan musik, mainan yang berblok-blok bangunan serta kunci yang berwarna terang membantu si kecil mengidentifikasi objek, warna serta belajar tentang hubungan sebab-akibat.

Cepat tanggap saat si kecil menangis
Studi mengungkapkan bahwa menenangkan dan memeluk anak, akan membantu dia untuk membangun otak secara positif yang berhubungan dengan emosinya. Pelukan Anda juga dapat membuat hubungan semakin dekat.

Pijat tubuh si kecil
Memijat si kecil dapat menurunkan tingkat stres dan meningkatkan perasaan serta keamanan emosional. Sentuhan penuh kasih sayang mempercepat pertumbuhan si kecil bahkan dapat menyembuhkan bayi yang prematur.

Menjaga keamanan lingkungan
Usahakan di setiap sudut rumah jangan ada benda tajam atau pun tumpul selama balita masih dalam proses merangkak.

Bernyanyi untuk si kecil
Jangan biarkan anak hanya diajari oleh gurunya saja. Anda harus ikut andil dalam pembentukkan pertumbuhan si kecil. Ajak anak bernyanyi dengan menggerakkan tangan dan tubuhnya. Ini akan membantu si kecil ikut bernyanyi sekaligus melatih motorik anak.

Sumber :  Risma Damayanti - Okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar